Yamaha Xeon RC, Skutik Pilihan Saya

23 Mar 2013

“Liza, sebaiknya uang gajimu disisihkan untuk beli motor aja. Setidaknya nanti kalau kamu ngga kerja lagi, ada hasil yang tampak dari jerih payahmu.”

Saya ingat jelas, penggalan kalimat iu adalah nasihat dari teman dekat saya yang kasihan melihat saya harus berburu dengan waktu agar tidak telat ke kampus dan ke kantor. Ya, saat itu, sambil kuliah saya bekerja part time sebagai freelance reporter di sebuah majalah. Pagi hari kuliah, lalu siang sampai sore hari saya bekerja. Gaji yang saya dapatkan sebagai freelance sesuai dengan upah minimum rata-rata (UMR) yang saat itu berkisar satu jutaan. Uang itu lumayan banyak untuk kantong mahasiswa seperti saya sehingga setiap bulannya ada sisa gaji yang bisa saya tabung.

Namun, jarak antara kampus dengan kantor lumayan jauh. Selain becak, tidak ada angkutan umum lain yang masuk ke kantor tempat saya bekerja. Sedangkan saya harus benar-benar mampu me-manage waktu agar jadwal kuliah dan kerja tidak terganggu. Jadi, selama ini saya menggunakan becak agar cepat sampai ke kantor. Ongkos becak di Banda Aceh lumayan mahal. Per kilometer harganya lima ribu rupiah. Jarak kantor dengan jalan besar hampir dua kilo meter. Maka saya menghabiskan dana duapuluh ribu untuk pulang pergi. Belum lagi jika harus turun ke lapangan untuk liputan.

Dengan gaji sejuta perbulan, tentunya biaya akomodasi 20 ribu per hari cukuplah besar, sehingga sisa gaji saya hanya empat ratus ribu dipotong biaya transportasi. Akhirnya saya pun meminta persetujuan mama saya agar mengizinkan saya membeli motor dengan uang gaji saya.Meminta mama membelikan motor itu sama sekali tidak mungkin. Sejak ayah meninggal, mama menjadi single parent yang menghidupkan saya dan adik . Biaya kuliah saya saja sudah sangat mahal, belum lagi adik saya juga sedang kuliah. Walhasil, untuk meringankan beban mama, saya memilih untuk bekerja.

Setelah menjelaskan panjang lebar tentang kebutuhan saya akan sepeda motor, mama pun menyetujuinya. Memliki motor tidak hanya mempermudah mobilitas saya dari kampus ke kantor tetapi juga memudahkan mama jika hendak ke pasar. Beliau tidak perlu lagi naik angkutan umum jika hendak membeli keperluan rumah karena ada saya yang mengantar dengan sepeda motor kami.

Lalu mulailah saya mencari informasi tentang motor yang sesuai dengan budget yang saya miliki dan cocok untuk perempuan seperti saya. Mama dan adik saya mengusulkan untuk membeli skuter matik (skutik). Begitu pula dengan teman-teman di kampus yang paham sedikit banyak tentang motor menyarankan hal yang serupa. Selain itu, saya juga melihat banyak mahasiswi di kampus saya yang mengendarai skutik. Mereka terlihat keren saat mengendarai. Ukurannya juga tidak terlalu besar dan tempat duduknya tidak tinggi, kemudian ada tempat untuk meletakkan kaki, jadi akan lebih aman untuk saya yang sering menggunakan rok saat berpergian. Tapi jangan salah, laki-laki pun banyak yang mengendarai skutik.

Setelah memastikan jenis motor apa yang saya beli, maka mulailah saya pergi ke dealer-dealer motor. Di sana saya melihat produk skutik yang cocok dengan saya dan sesuai dengan budget yang saya miliki. Membanding-bandingkan harga dan spesifikasi yang dimiliki motor tersebut. Setelah mendapatkan beberapa pilihan, saya mencari tahu tentang keunggulan skutik tersebut dengan bertanya pada teman yang paham tentang otomotif dan juga lewat browsing di internet. Akhirnya saya pun memutuskan untuk membeli Yamaha Xeon RC .

Lorenzo dan Xeon RC (dementor666.wordpress.com)

Lorenzo dan Xeon RC (http://www.yamaha-motor.co.id/xeon-rc)

Nah, kenapa saya memilih Xeon RC. Saat itu, saya melihat iklan motor terbaru Yamaha yang dibintangi oleh Jorge Lorenzo, juara dunia MotoGP 2012. Xeon RC merupakan skuter matik dengan mesin 125 cc yang didesain futuristik layaknya pesawat tempur F-117 Nighthawk serta memiliki performa dan teknologi berkarakter cepat dan sepertinya cocok untuk saya. Saya pun mulai mencari informasi tentang keunggulan Xeon RC, motor injeksi yang memiliki tagline, keren, cepat, canggih yang semakin tak tertandingi ini

Setelah membrowsing di internet dan bertanya pada orang yang paham dengan motor matik, saya mendapatkan informasi bahwa RC merupakan singkatan dari Racing Champion. Singkatan ini mempertegas bahwa Xeon adalah motor matik yang lekat dengan nuansa racing bernuansa racing berteknologi canggih ala motor balap dengan DiASil Cylinder dan Forged Piston.

Kemudian, mesin 125cc-nya telah disempurnakan dengan pendingin cairan dan mengusung teknologi FI (fuel injeksi) dengan menerapkan YMJET-FI sehingga tenaganya naik drastis menjadi 11,4 PS dan torsinya meningkat menjadi 10,4 Nm. Akselerasinya meningkat tajam namun bahan bakarnya lebih irit hingga 20%. Xeon RC menggunakan low friction technology yang membuat mesinnya memiliki gesekan yang sangat rendah sehingga membuat mesin tidak cepat panas. Teknologi dari fuel pump terbarunya adalah kunci dari keiritan bahan bakarnya.

Desain warna bodi dan joknya menggunakan kombinasi warna two-tones sehingga semakin membuatnya tampak sporty dan juga berkelas yang dengan tambahan cover titanium di bagian knalpotnya dengan model knalpot yang diadopsi dari Yamaha T-Max yang semakin memperkuat kesan sporty dari Xeon RC.

Spesifikasi Xeon RC (http://www.yamaha-motor.co.id/xeon-rc)

Spesifikasi Xeon RC (http://www.yamaha-motor.co.id/xeon-rc)

Bagasinya yang lapang sehingga dapat dijejali helm full-face sekalipun. Xeon RC juga dilengkapi dengan fitur Key Shutter yang berfungsi untuk menyalakan motor, pengaman ganda dan pembuka bagasi sekaligus dalam satu bagian.

Pengeremannya dilengkapi fitur Smart Lock System yang akan membuat pengendara nyaman ketika berhenti di jalan yang menurun atau menanjak.

Yamaha sendiri juga mengklaim bahwa teknologi injeksinya akan sangat cocok dengan bensin biasa sekalipun, tidak perlu menggunakan bensin beroktan tinggi. Xeon RC sangat ramah lingkungan dan sudah disapkan untuk menghadapi Euro 3 pada tahun ini.

Xeon RC adalah skutik paling premium dari Yamaha dan merupakan motor tercepat di kelasnya. Harganya tidak akan jauh berbeda dengan kompetitor lain di kelasnya dengan keunggulan lebih berupa teknologi terbaru dari Yamaha. Yamaha Xeon RC dibanderol lebih murah Rp1 juta dari generasi sebelumnya. Diketahui, harga On the Road Jakarta Yamaha Xeon Rp16,050 juta, sedangkan versi terbarunya (Xeon RC) Rp15,1 juta.

Setelah mengetahui sedikit banyak informasi tentang Xeon RC, saya menyimpulkan bahwa motor injeksi ini sangat cocok untuk saya. Pertama dari kecepatan dan kecanggihannya dapat membuat mobilitas saya semakin leluasa. Kemudian keiritan bahana bakarnya membuat saya bisa menghemat penggunaan BBM. Desainnya yang sporty akan membuat saya terlihat keren saat mengendarai skutik ini. Tak hanya itu, sistem pengaman gandanya (key shutter) membuat saya tidak perlu was-was saat memarkirnya di parkiran yang rawan pencurian. Bagasinya yang lebar juga bisa menjadi tempat untuk penyimpanan helm, sehingga pencuri helm tidak akan bisa mengambil helm saya. Lalu smart lock system-nya pas sekali untuk saya yang memang selalu melintasi jalanan yang menurun dan menanjak. Dan yang paling penting dari semuanya adalah harganya sesuai dengan budget yang saya tentukan. Jadi, Xeon RC memang layak menjadi pilihan.

Referensi tulisan :

1.http://teknologi.inilah.com/read/detail/1945529/awali-2013-yamaha-hadirkan-3-produk-baru#.UU03uDfrPzY

2. http://www.yamaha-motor.co.id/xeon-rc


TAGS Xeon RC fuel injection Yamaha Keren Cepat Canggih Semakin tak tertandingi motor matik motor injeksi harga xeon rc


-

Author

Follow Me