Ollie, Icon-nya Wanita Digital Indonesia

30 Jul 2012

Perkembangan teknologi digital membawa pengaruh besar terhadap perubahan sosial pada setiap individu yang memanfaatkannya. Kaum wanita, yang diibaratkannya sebagai tiang negara juga tidak ketinggalan dari perubahan ini. Internet yang di dalamnya terdapat berbagai media sosial membuat wanita yang dulunya masih malu-malu untuk unjuk gigi menjadi berani untuk beraksi. Mengeluarkan pendapat lewat tulisannya di blog, curhat melalui status di facebook atau twitter, bekerja tanpa harus ke kantor atau melakukan transaksi jual beli tanpa harus bertatap muka secara langsung. Berbagai hubungan pun terbentuk akibat interaksi online ini. Entah itu sebuahh hubungan pertemanan, percintaan, bahkan sebuah komunitas dapat lahir dari internet.

Berbicara tentang perubahan wanita di era digital atauWomen In Digital Era, maka hal itu tidak terlepas dari empat sisi kehidupan yang dijalaninya. Ke empat sisi itu adalah work, life, love, dan spiritual.

  1. Work - Bagaimana seorang wanita dalam menjalankan pekerjaan dan karirnya?
  2. Life - Bagaimana seorang wanita dalam menjaga diri sendiri, kecantikan, berpakaian, dan semua aspek dalam dirinya?
  3. Love - Bagaimana seorang wanita dalam menjaga hubungannya dengan orang-orang yang ia sayangi?
  4. Spiritual - Bagaimana ia menjaga hubungannya dengan yang maha kuasa?

Akibat perubahan itu, sangat banyak wanita yang memberikan inspirasi bagi orang lain karena keaktifannya dalam memanfaatkan teknologi digital ini. Salah satunya adalah Ollie, wanita cantik pemilik blog salsabeela.com.

salsabeela.com

salsabeela.com

Pertama sekali saya mengetahui Ollie adalah ketika membaca sebuah novelnya yang berjudul After the Honey Moon. Dalam salah satu bagian novel tersebut, sang penulis memasukkan friendster sebagai salah satu media sosial yang dimanfaatkan tokoh-tokoh dalam cerita. Saat itu saya berpikir bahwa sang penulis pasti tidak hanya lihai dalam menulis, tetapi juga melek teknologi.

Beberapa waktu yang lalu, iseng-iseng saya mengetikkan kata Ollie, After the Honey Moon dari search engine google. Di sana saya mendapatkan bahwa Ollie yang memiliki nama lengkap Aulia Halimatussadiah adalah penulis lebih dari 20 buku. Baik itu buku fiksi maupun nonfiksi. Termasuk buku yang ada ditangan saya saat ini.

Kemudian saya terdampar pada blognya yang beralamat di salsabeela.com. Ketika membaca biografinya, saya tercengang. Ollie tidak hanya seorang penulis, saat ini kesibukan wanita yang memulai debut ngeblog pada tahun 2003 adalahCo-Founder at Project Eden,ChairWoman at ON | OFF 2011,Chief Technology Officer at Nulisbuku.com,Initiator at #StartupLokal,Chief Marketing Officer at Tempa Labs,Committee at Fresh,Director at TukuSolution.com,Photographer at JakartaDailyPhoto.com,Owner at Kutukutubuku.com,Blogger at Salsabeela.com.

bukik.com

bukik.com

Nulisbuku.com dan kutukutubuku.com adalah dua situs yang tidak asing lagi bagi saya. Saya sering membeli buku secara online di kutukutubuku.com dan teman-teman saya sering mengirimkan tulisannya di nulisbuku.com untuk diterbitkan. Dan ternyata kedua situs ini pemiliknya adalah Ollie.

Benar-benar wanita yang luar biasa. Ia adalah wanita dengan berbagai profesi; penulis, blogger, fotografer, penggiat komunitas, hingga entrepreneur. Wanita kelahiran Yogyakarta 29 tahun silam ini benar-benar mengoptimalkan manfaat internet dari banyak dimensinya. Indonesia patut berbangga mempunyai seorang wanita yang kreatif, aktif berbagi dan peduli. Kesibukannya seabreg. Bukan kesibukan karena mendapat pekerjaan dari perusahaan, tetapi kesibukan yang diciptakannya sendiri, kesibukan yang membuat orang lain menjadi sibuk. Sehingga mulai saat itu saya menjulukinya sebagai icon wanita di era digital.

Setelah itu, saya sering mengikuti blog Ollie. Membaca blognya memberikan energi positif bagi saya. Saya pun jadi tambah semangat untuk menulis dan ngeblog. Semoga suatu saat saya bisa menjadi seperti Ollien yang mampu memanfaatkan teknologi digital sebaik-baiknya. Tak hanya membaca blognya, saya juga menjadi follower di twitter @salsabeela. Berbagai tweet motivasi untuk menjadi entrepreneur tak segan-segan ia bagikan.

Selain berbagai kegiatan di atas, ternyata Ollie juga seorang fashion designer. Bulan Maret yang lalu, muslimah yang telah konsisten berhijab (jilbab) meluncurkan online shopnya di salsabeelashop.com. Di sana Ollie menjual pakaian-pakaian muslimah nan casual hasil desainnya sendiri. Kesan pakaian muslimah yang tidak up to date berhasil ia singkirkan dengan gaya berpakaiannya dan hasil desainnya.Dan atas dedikasinya yang tinggi untuk orang lain, tahun ini Ollie terpilih menjadi Inspiring Woman 2012 yang diselenggararakan oleh tabloid Nova. Ckckck. Ollie memang pantas mendapatkannya.

salsabeela.com

salsabeela.com

Kesuksesannya sebagai penulis dan entrepreneur ternyata tidak sejalan dengan pengalaman cintanya. Tahun 2011 ia berpisah dari suaminya. Namun, hal itu tidak membuat Ollie patah arang. Saya belajar bahwa nothing lasts forever. Belajar untuk mencintai dalam cakupan yang lebih luas lagi: mencintai sesama. Dan mulai lebih aware kepada hidup dan kehidupan serta lebih banyak berbagi (ilmu/harta/kasih sayang) kepada yang membutuhkan, terutama concern saya kepada sesama wanita, begitu tulis wanita lulusan IT di Universitas Gunadarma di bukik.com.

Perjalanan karirnya yang semakin menanjak menjadikan Ollie semakin bersyukur pada Tuhan. Bahwa saya adalah salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang luar biasa, dan I am worth every love and happiness that God could ever give kepada umat-Nya, ungkapnya.

Bahkan, Ollie memiliki impian pada tahun 2030 untuk mendengar dan menyaksikan seluruh umat manusia hidup layak, berkecukupan, bahagia dan mengagungkan Tuhannya.Mereka pemaaf, mensyukuri mulai dari hal-hal kecil dan tidak membesar-besarkan masalah.Untuk mewujudkan imajinasi tersebut, Ollie selalu encourage people observe and write baik di blog, dalam bentuk buku, dan lainnya. Agar lebih banyak orang memiliki empati, tidak hanya melihat permukaan, namun melihat lebih dalam lagi.

Itulah sekelumit tulisan saya tentang Ollie, Salsabeela, atau Aulia Halimatussadiah. Wanita yang memberikan saya banyak inspirasi untuk berbuat semakin baik kedepannya dengan menggunakan teknologi yang ada.

Ps : tulisan dimaksudkan untuk diikutsertakan dalam kontes Fastron Blogging Challenge.

Referensi tulisan :

www.bukik.com

www.salsabeela.com

www.fastronbloggingchallenge.com


TAGS Ollie Salsabeela fastron blogging challenge


-

Author

Follow Me